Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Keterangan Jumlah Rokaatnya

Daftar Isi Artikel [Tutup]
    Sholat tahajud adalah sholat malam yang paling dianjurkan oleh Allah Swt untuk bisa dikerjakan secara rutin oleh umat muslim. Banyak keutamaan sholat tahajud ini yang sangat bermanfaat buat yang mengerjakannya.

    Syarat paling utama dalam melakukan sholat tahajud adalah dikerjakan di malam hari setelah sholat isya sampai sebelum waktu sholat subuh.


    Dalam melaksanakan sholat tahajud yang paling utama adalah di sepertiga malam terakhir. Sholat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar saja.

    Tapi ada pendapat para ulama kalau sholat tahajud dapat dikerjakan sebelum tidur yang dikerjakan dengan masing-masing 2 rakaat.

    Untuk melaksanakan sholat tahajud tata caranya sama dengan sholat fardhu, yang berbeda hanya pada niat sholat tahajud.

    Tata cara sholat tahajud dan bacaanya semua sama dengan sholat wajib 5 waktu atau sholat sunah 2 rakkat lainnya. Di awali dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ikhram. Untuk lebih jelasnya berikut tata cara sholat tahajud dan bacaanya lengkap.

    Berikut tata cara sholat tahajud 2 rakaat lengkap

    1. Tata cara sholat tahajud pada Rakaat Pertama.
    1. Mengucapkan Niat Sholat Tahajud
    2. Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)
    3. Membaca Doa Iftitah
    4. Membaca Surat Al Fatihah
    5. Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
    6. Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
    7. Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
    8. Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
    9. Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
    10. Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
    11. Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud

    2. Tata Cara Sholat Tahajud pada Rakaat Kedua

    1. Membaca Surat Al Fatihah
    2. Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
    3. Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
    4. Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
    5. Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
    6. Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
    7. Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
    8. Gerakan sholat tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
    9. Gerakan salam dengan mengucapkan salam “Assallamuallaikum” tengok kearah kanan dan tengok ke arah kiri.

    Itulah tata cara sholat tahajud lengkap yang sama dengan sholat wajib 5 waktu. Setelah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir dengan menyebut dan mengagungkan nama Allah Swt dan nabi Muhammad Saw.

    Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

    Walaupun sholat tahajud adalah sunnah, namun kalau mengerjakandan mengamalkannya dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan rutin maka akan mendapatkan keutamaan langsung dari Allah Swt. Bagi Anda yang melakukannya akan mendapatkan kemuliaan derjatanya di sisi Allah Swt.

    Ada berbagai ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

    Berikut Hadist Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasulullah

    Hadist shahih dari Ibnu Abbas

    “Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan Sholat malam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

    Dari hadist diatas Rasulullah mengerjakan sholat tahajud sebanyak 13 rakaat dengan 12 rakaat sholat tahajud dan ditutup 1 rakaat sholat witir.

    Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani

    ”Aku pernah memperhatikan sholat malam yg dilakukan oleh Rasulullah yang mengerjakan 2 rakaat ringan. Setelah itu Rasulullah melaksanakan sholat 2 Rakaat. Lalu Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi. Lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih pendek. Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu dilanjutkan mengerjakan sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Terakhir Rasulullah melakukan sholat witir 1 Rakaat. Jumlah seluruhnya Rasulullah mengerjakan sholat sunah alam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Muslim).

    Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra

    Ada seseorang yg bertanya pada Rasulullah tentang Sholat Malam, kemudian rasulullah bersabda:

    ”Sholat Malam atau sholat tahajud itu 2 Rakaat 2 Rakaat. Jika salah seorang dari kalian Khawatir akan masuk waktu Subuh, maka hendak-lah lakukan sholat sunah Witir 1 Rakaat sebagai Penutup yang menjadi sholat yangg sudah dilakukan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

    Dari beberapa hadist shahih diatas maka para ulama menyimpulkan kalau jumlah rakaat sholat tahajud adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

    Untuk pengerjaan yang 12 rakaat tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Di sunnahkan agar lebih sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai penutup.

    Dengan mengerjakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, semua memiliki keutamaan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan dengan rutin setiap malam, maka Anda akan mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah Swt.

    Baca :
    1. Dalil Al Quran Tentang Keutamaan Sholat Tahajud
    2. Lafadz Niat Sholat Tahajud
    3. Bacaan Wirid Setelah Sholat Tahajud
    4. Doa Sholat Tahajud
    elzeno
    elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang paling utama adalah seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

    Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Keterangan Jumlah Rokaatnya"

    Formulir Kontak

    Nama Email * Pesan *