Indonesia Website Awards
Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Niat Serta Tata Cara Sholat Sunnah Lailatul Isro Lengkap Arab Latin dan Artinya

Niat Serta Tata Cara Sholat Sunnah Lailatul Isro Lengkap Arab Latin dan Artinya
Sholat Sunnah Lailatul Isro' adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam tanggal 27 Bulan Rajab. Tepatnya pada malam Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW.

Niat Sholat Sunnah Lailatul Isro'

Pada dasarnya niat sholat ini sama seperti Niat Sholat Sunnah Mutlaq, akan tetapi sholat sunnah ini hanya dikerjakan pada malam tanggal 27 Rojab. Jadi, tidak masalah apabila ada yang beranggapan jika sholat sunnah ini juga dinamakan Sholat Sunnah Mutlaq.
Berikut lafadz niatnya :
اُصَلِّىْ سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالىٰ
Usholli Sunnatan Rok'ataini Lillahi Ta'ala.
Saya niat sholat sunnah dua roka'at karena Alloh Ta'ala.

Tata Cara Sholat Sunnah Lailatul Isro'

Sholat sunnah ini dikerjakan sebanyak dua roka'at, dengan bacaan setelah Surat Al-Fatihah pada roka'at pertama dan kedua membaca Surat Al-Ikhlas (20 x).
Setelah salam membaca Sholawat Nabi (10 x).
Dilanjutkan membaca doa berikut ini :

Do'a Sholat Sunnah Lailatul Isro'

اللهُمَّ اِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ، حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ، أَنِ ارْحَمْ قَلْبِي الْحَزِيْنَ، وَتُجِيْبَ دَعْوَتِي يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ.
"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemulian khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.

Fadhilah Sholat Sunnah Lailatul Isro'

Barang siapa melaksanakan Sholat Sunnah Lailatul Isro' seperti di atas, maka Alloh SWT akan mengabulkan do'anya serta menjaga hatinya sehingga kelak disaat kebanyakan hati orang mati, akan tetapi hati orang tersebut tetap hidup.


Sumber : Kitab Fasholatan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah karya K. Musyawwir bin Haji Anwar (Kaliabu Salaman Magelang). Halaman 74.

Perbedaan Redaksi

Mungkin diantara pembaca sekalian pernah mendengar mengenai sholat sunnah ini dan ternyata berbeda  versi atau bahkan tata caranya seperti yang dikutip oleh TribunNews.com dan BincangSyariah.com, akan tetapi itu semua kembali pada diri pribadi Anda masing-masing, karena setiap ibadah itu tergantung pada keyakinan individual, dengan didasari oleh kemantapan dalam keyakinan, maka setiap ibadah yang baik niscaya akan dihitung sebagai nilai ibadah tersendiri. Adapun pahala suatu ibadah, itu urusan Alloh SWT semata.

Wallohu A'lam.
Baca juga :

Posting Komentar