Ikutilah Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. BERGABUNG

Daftar Isi Artikel :

Bacaan Ayat Kursi Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamaannya

Bacaan Ayat Kursi Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamaannya

Ayat kursi dan artinya memiliki keutamaan yang luar biasa, yaitu ayat yang paling diagungkan dalam Al-Quran, bacaan sebelum tidur, dan selengkapnya dalam artikel ini.

Ayat Kursi adalah bacaan surat Al-Baqarah ayat 255 yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Ayat kursi menjadi ayat paling agung di dalam Al-Quran karena berisi penjelasan mengenai kalimat tauhid yang menjadi pegangan hidup seorang muslim untuk menghadapi tantangan hidup.

Salah satu keutamaan bacaan Ayat Kursi sesuai sabda Baginda Rasulullah SAW adalah:
“Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk, dan punuknya al quran adalah surat al baqarah yang di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat suci al quran. Ayat tersebut adalah ayat kursi.” (HR Turmudzi)

Teks Bacaan Ayat Kursi

Teks Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Teks Ayat Kursi Latin

Allahu Laa Ilaaha Illa Huwal Hayyul Qayyumu. Laa Ta’khudzuhuu Sinatuw Wa Laa Nauum. Lahuu Maa Fissamaawaati Wa Maa Fil Ardhi. Man Dzal Ladzii Yasfa’u ‘Indahuu Illaa Bi Idznihi. Ya’lamu Maa Baina Aidiihim Wa Maa Khalfahum. Wa Laa Yuhithuuna Bi Syai-In Min ‘Ilmihii Illaa Bi Maasyaa-A. Wasi’a Kursiyyuhussamaawaati Wal Ardha. Wa Laa Ya-Udhuu Hifzhuhumaa Wahuwal ‘Aliyyul Azhiim.

Arti Bacaan Ayat Kursi

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.” (Surat Al-Baqarah ayat 255).

Kenapa Disebut Ayat Kursi?

Karena di dalam ayat ini terdapat kata kursiyyuhu, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menjelaskan tentang makna asal Al Kursi berarti Al ‘Ilmu atau ilmu.

Ada pula pendapat yang menjelaskan ayat kursi didalam ayat ini adalah sebagai ungkapan keagungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Pendapat lainnya menyebutkan bahwa yang makna Al Kursi adalah kerajaan dan kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hasan Al Bashri berpendapat Al Kursi di dalam ayat ini adalah arsy.

Keutamaan Ayat Kursi

Terdapat beberapa keutamaan didalam ayat Kursi ini, salah satunya adalah membawa berkah dalam hidup kita sebagai manusia dan sebagai makhluk Allah. Berikut adalah beberapa makna keutamaan Ayat Kursi

  1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran

    Ayat kursi adalah salah satu ayat yang paling agung di dalam Al-Quran. Hal ini pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam pertanyaan yang diajukan Ubay Bin Kai. Ayat mana yang paling agung di dalam Al-Quran.

    Ubay menjawab sendiri pertanyaan ini, ayat kursi ya Rasullulah. Kemudian Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki. ( HR Muslim).

    Oleh karena itu, Ayat Kursi dinobatkan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung.

  2. Keagungan yang Melebihi Langit dan Bumi

    Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi” (karena di dalam ayat kursi terdapat Nama dan Sifat Allah). Sufyan Ats-Sauri berkata, ayat kursi merupakan salah satu kalamullah atau perkataan Allah. Kalau kita tinjau Kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah langit dan bumi.

  3. Salah Satu Bacaan Sebelum Tidur

    Rasulullah SAW pernah bersabda : “Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba (HR Al-Bukhari).

    Oleh karena itu, berdasarkan hadist diatas sudah sebaikanya menjadikan ayat kursi sebagai dzikir yang rutin dibaca sebelum tidur. Tidak hanya dibaca di malam hari saja, melainkan dianjurkan juga membaca ayat kursi ketika pagi dan juga petang.”

  4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

    Seperti yang disampaikan Rasullullah SAW : “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Demikian, penjelasan mengenai ayat kursi dan artinya lengkap beserta bacaan dan keutamaannya. Semoga Bermanfaat!
Baca juga :

Posting Komentar