Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat dan Puasa Nisfu Sya'ban

Tata Cara Sholat dan Puasa Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban diperingati setiap tanggal 15 di Bulan Sya'ban.

Lafadz Niat Sholat Malam Nisfu Sya'ban
اُصَلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةَ نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى
Tata Cara Sholat Nisfu Sya'ban
1.        Membaca Niat Sholat Nisfu Sya'ban,
2.        Sholat Nisfu Sya'ban berjumlah 4 rakaat, dengan 2x salam,
3.        Pada rakaat ke 1 - 4 sesudah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas 15x,
4.        Setelah salam membaca do'a.

Bacaan Doa Nisfu Syaban
اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْمَنِّ وَلاَ يَمُنُّ عَلَيْكَ يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لاَاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهَرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ
اَللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُوْ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ
اِلٰهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَمَا لاَ اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Artinya: "Ya Allah Tuhanku, wahai Yang memiliki anugerah dan tiada yang memberi anugerah kepada-Mu, wahai Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, wahai yang mempunyai kekuasaan dan yang memberi nikmat, tiada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Engkau, tempat bernaung bagi orang-orang yang mengungsi, tempat berlindung bagi orang-orang yang memohon perlindungan dan tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan."
"Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menetapkan diriku di dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisi-Mu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau di sempitkan rezekinya sudilah kiranya Engkau menghapuskan."
"Ya Allah Tuhanku, berkat karunia-Mu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisi-Mu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan. karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitab-Mu dan firman-Mu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus, "Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisi-Nya ada Ummul Kitab."
"Ya Tuhanku, Berkat penampilan yang maha besar (dari rahmat-Mu) pada malam pertengahan bulan sya'ban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak kuketahui serta yang lebih Kau ketahui (dari diriku), dan Engkau Mahan Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmat-Mu wahai yang maha penyayang diantara para penyayang."
"Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga Dia melimpahkan salam sejahtera (kepada mereka)."

5.        Setelah selesai sholat beserta do'anya, dianjurkan untuk membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali (3x) dengan niat sebagai berikut:
a.         Pada bacaan surat Yasin pertama diniatkan untuk memohon umur panjang yang semata-mata hanya beribadah kepada Allah SWT.
b.         Pada bacaan surat Yasin yang ke dua diniatkan untuk memohon rezeki yang banyak dan halal untuk bekal beribadah kepada Allah SWT.
c.         Pada bacaan Yasin yang ketiga diniatkan memohon keteguhan iman.

Puasa Nisfu Sya'ban
Selain melaksanakan sholat sunnah pada malam harinya, kita juga disunnahkan untuk berpuasa pada siang harinya, berdasarkan hadits berikut:
إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا ... (سنن ابن ماجه: ج1/ص444، رقم: 1388).
Ketika datang malam pertengahan dari Bulan Sya'ban maka dirikanlah (sholat sunnah) malamnya dan berpuasalah pada siang harinya.

Niat Puasa Nisfu Sya'ban
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ يَوْمِ نِصْفِ شَعْبَانَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالٰى

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban
Di malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya. Salah satu keutamaan malam Nisfu Syaban dijelaskan dalam sebuah hadits dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ (صحيح ابن حبان: ج12/ص481، رقم:5665)
"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."

Sedangkan Imam Ghazali mengartikan malam Nisfu Syaban sebagai malam penuh dengan syafaat atau pertolongan.

Dijelaskan pula bahwa pada tanggal 13 Syaban Allah SWT memberikan sepertiga syafaat-Nya kepada hamba-Nya.

Pada tanggal 14 Syaban Allah SWT akan memberikan syafaat secara penuh kepada Hamba-Nya.


Kemudian pada malam 15 Syaban (Nisfu Syaban), seluruh umat Isam akan mendapatkan kebaikan, syafaat dan kemuliaan sebanyak-banyaknya, sebagai penutup catatan amal selama satu tahun.

Pada malam tersebut semua amal akan di angkat ke langit untuk dihadapkan kepada Allah SWT.

Hikmah Malam Nisfu Sya'ban
Nabi Isa melihat batu besar di atas gunung yang bersinar, Nabi Isa heran kemudian dikelilinginya batu tersebut, ada suara tanpa rupa yang terngiang ditelinga Nabi Isa "Apakah kamu ingin melihat sesuatu yang lebih mengherankan?". "Ya, ingin". Jawab Nabi Isa.
Kemudian batu tersebut terbelah dan terlihat ada orang tua yang sedang melaksanakan sholat di dalam batu tersebut. Nabi Isa bertanya "Hai Syeh, sudah berapa lama Anda beribadah di dalam batu tersebut?". "Sudah 400 tahun". Jawab orang tersebut.
Nabi Isa minta petunjuk kepada Alloh, "Wahai Pangeranku, apakah Panjenengan Tuan menciptakan ciptaan yang lebih utama daripada orang ini?". "Wahai Isa, Umat Muhammad yang melksanakan Sholat Sunnah 4 raka'at di dalam malamnya Nisfu sya'ban dan siangnya berpuasa, itu lebih utama menurut-Ku daripada orang beribadah 400 tahun di dalam batu.

elzeno
elzeno Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat dan Puasa Nisfu Sya'ban"

Formulir Kontak

Nama Email * Pesan *