Ikutilah Program Tadarus Grup WhatsApp PTS, periode setiap 15 hari. GABUNG

Doa Melihat Kabah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Ketika Melihat Ka’bah Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya
Doa Ketika Melihat Ka’bah Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Ketika Melihat Ka’bah Sesuai Sunnah - Saat kita semua berziarah ke tanah suci makkah, guna menunaikan ibadah umrah atau haji, pastinya akan berjumpa dengan sebuah bangunan suci yang bernama Ka’bah.

Daftar isi artikel:

Ka’bah adalah sebuah bangunan dengan bentuk persegi berwarna hitam yang menjadi Bait Suci atau sebuah tempat ibadah kepada Allah SWT yang pertama kali dibuat di bumi ini.
Kabah merupakan arah kiblat umat Islam saat melaksanakan sholat dan dibangun atas instruksi langsung dari Allah SWT oleh Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS.

Ka’bah ini menjadi sebuah monumen suci bagi umat islam di dunia, sebab bangunan ini menjadi arah kiblat sholat kaum muslim. Selain itu, orang-orang yang pergi berhaji dan umroh juga wajib mengunjungi Ka’bah ini.

Setiap orang muslim di dunia, pasti ingin merasakan pergi ke tanah suci makkah guna melaksanakan ibadah umroh atau menyempurnakan Rukun Islam ke 5 yaitu Haji.

Ketika kita bisa berhaji ke tanah suci, itu merupakan sebuah kenikmatan dan keberkahan luar biasa. Sebab tidak semua orang bisa mendapat kesempatan untuk melaksanakannya.

Lihat saja di Indonesia, untuk bisa menunaikan ibadah haji warga Indonesia harus menunggu sampai belasan tahun (tergantung dari lama menunggu di suatu daerah) untuk bisa diberangkatka haji.

Akibatnya, banyak jamaah haji Indonesia yang berusia lanjut ketika melaksanakan ibadah haji ini. Hal itu disebabkan lamanya waktu menunggu keberangkatan ibadah haji tersebut.

Kendati demikian, kita bisa mengambil sisi positif dari kondisi tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa minat untuk berhaji masyarakat Indonesia sangat tinggi sekali. Bahkan, setiap tahun Indonesia selalu dinobatkan sebagai negara dengan jamaah Haji terbesar di dunia.

Alhamdulillah, negara Indonesia memang salah satu negara dengan jumlah umat islam terbanyak di dunia. Sehingga sangat wajar apabila jamaah hajinya juga terbanyak.

Lantaran waktu menunggu haji yang cukup lama, saat ini masyarakat Indonesia mulai banyak melaksanakan umroh. Dengan cara umroh, maka seseorang bisa lebih cepat bisa berziarah ke tanah suci.

Sebab, umroh bisa dilaksanakan kapan saja sehingga semua orang bisa lebih cepat untuk beribadah ke Baitullah. Hal ini berbeda dengan Haji, yag hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah saja.

Baca penjelasan tentang 5 Perbedaan Haji dan Umroh.

Pasti anda sering mendengar kan, ada orang-orang yang setiap tahun pergi ke tanah suci untuk umroh. Hal tersebut memang bisa dilakukan, sebab umroh tidak ada ketentuan waktunya.

Maka dari itu, sekarang ini Biro perjalanan Umroh sangat banyak sekali guna memenuhi keinginan masyarakat yang ingin pergi ke tanah suci.

Do'a Ketika Melihat Ka’bah

Saat sampai ke tanah suci makkah maka hendaknya kita bersyukur sebanyak-banyaknya kepada Allah. Sebab tidak semua orang diberi kesempatan yang sama seperti itu.

Apalagi ketika kita bisa melihat Ka’bah, itu adalah kenikmatan yang luar biasa. Karena mendapat kenikmatan besar maka kita disunnahkan untuk berdoa.

Adapun lafadz Doa Ketika Melihat Ka’bah Sesuai Sunnah adalah sebagai berikut:

Doa Ketika Melihat Ka’bah Sesuai Sunnah

Dikutip dari laman NU Online, Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Idhah fi Manasikil Hajji menyebutkan doa yang dianjurkan untuk dibaca saat melihat Kabah.

Anjuran Bacaan Do'a Saat Melihat Ka'bah dari Imam An-Nawawi

Anjuran Do'a Pertama

Imam An-Nawawi menganjurkan siapa saja yang melihat Kabah untuk membaca doa sebagai berikut:
اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا
Allāhumma zid hādzal bayta tasyrīfan wa ta‘zhīman wa takrīman wa mahābatan, wa zid man syarrafahū wa karramahū min man hajjahū aw i’tamarahū tasyrīfan wa takrīman wa ta‘zhīman wa birran.
“Ya Allah, tambahkan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kehebatan pada Baitullah ini. tambahkan juga kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kebaikan untuk orang-orang berhaji atau berumrah yang memuliakan dan menghormati Kabah.”

Anjuran Do'a Kedua (Lanjutan dari Do'a Pertama)

Imam An-Nawawi menganjurkan orang yang melihat Ka‘bah untuk membaca doa berikut ini setelah membaca doa di atas. (An-Nawawi, Al-Idhah fi Manasikil Hajj pada Hasyiyah Ibni Hajar alal Idhah, [Beirut, Darul Fikr: tanpa tahun], halaman 109).
اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ
Allāhumma antas salām, wa minkas salām, fa hayyinā rabbanā bis salām.
“Ya Allah, Engkau adalah keselamatan. Dari-Mu keselamatan berasal. Wahai Tuhan kami, berikan kehormatan pada kami melalui keselamatan.”
Doa saat melihat Kabah tidak berhenti sampai di sini.

Anjuran Do'a untuk Kepentingan Dunia Akhirat

Imam An-Nawawi menganjurkan orang yang melihat Ka’bah untuk berdoa apa saja yang berkaitan kepentingan dunia dan akhirat karena pintu langit dibuka bagi orang yang sedang melihat Kabah.
Tetapi yang paling penting dari semuanya adalah memohon ampunan Allah (istighfar) setelah membaca doa di atas.

Artikel Lain Mengenai Haji dan Umroh

  1. Do'a Ketika Masuk Kota Makkah
  2. Ketentuan dan Tata Cara Umroh serta Perbedaan Haji dan Umroh
  3. Ketentuan Haji dan Umroh (Syarat, Rukun, Wajib, Sunnah, Larangan dan Hukum Dam)
  4. Larangan dan Dam (Denda) dalam Ibadah Haji dan Umroh
  5. Bacaan Sholawat Agung Imam Nanawi dibaca saat Umroh dan Haji
  6. Bacaan Do'a Talbiyah Lengkap Arab Latin dan Artinya
  7. Panduan dan Tatacara serta Niat Sholat Sunnah Thowaf Lengkap Arab Latin dan Artinya
  8. Panduan dan Tatacara serta Niat Sholat Sunnah Ihrom Lengkap Arab Latin dan Artinya
*****

Miliaran umat islam menghadap kiblat ke arah Ka'bah untuk Salat lima kali sehari, Ka'bah menjadi situs paling suci dalam Agama Islam.

Saat ini Ka'bah terkenal sebagai kubus berwarna hitam dan emas.

Tetapi berabad-abad yang lalu, Ka'bah juga ditutupi dengan warna hijau, merah, dan bahkan putih.

Ka'bah dahulu dibuka dua kali sehari bagi semua orang untuk masuk dan berdoa, tetapi sekarang jutaan umat islam mengunjungi situs tersebut.

Hanya para tamu VIP dan pejabat yang boleh masuk pada acara-acara khusus dua kali setiap tahunnya.

Ka'bah sangat memainkan peran penting, karena tidak hanya sebagai titik fokus untuk sholat dan rumah ibadah asli, tetapi juga sebagai simbol yang menyatukan semua umat Islam dari berbagai macam negara di dunia.

Demikianlah informasi mengenai Doa Ketika Melihat Ka’bah Sesuai Sunnah yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Melihat Kabah Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Tidak ada internet!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Terdeteksi!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.